Cara Menginstall FreeNAS pada USB Flashdisk - Tikni Ligi

Cara Menginstall FreeNAS pada USB Flashdisk

Menginstall FreeNAS di Flashdisk

 

 

A. Pengertian

FreeNAS adalah distro khusus untuk digunakan sebagai sistem operasi NAS (Network Attached Storage) yang dibangun diatas landasan FreeBSD. Pada versi terakhir saat ini (8.04), FreeNAS tidak lagi memberi peluang untuk memanfaatkan harddisk dimana sistem operasi FreeNAS ditanamkan untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data (storage). Dengan demikian FreeNAS sebaiknya diinstalasi di media eksternal seperti USB-drive, atau di kartu memori flash/SSD Card.


Sebuah sistem pastinya memiliki spesifikasi hardwere yang harus terpenuhi. Untuk kebutuhan sistem FreeNAS adalah

  • Aesitektur sistem 64 bit. Meski FreeNAS tersedia untuk 32-bit dan 64-bit, sebaiknya direkomendasikan menggunakan 64-bit, baik karena pertimbangan memory yang bisa digunakan maupun terkait dengan sistem partisi. Jika menggunakan sistem 23-bit atau memory kurang dari 4 GB direkomendasikan gunakan sistem partisi UFS.
  • RAM. Jika menggunakan ZTS sebaiknya RAM minimal 6 GB. Jika kurang, sangat direkomendasikan menggunakan tipe UFS. Jika menggunakan Active Directory dengan FreeNAS tambahkan 2 GB RAM untuk windbind's internal cache.
  • Share Memory. Jika FreeNAS diinstall tanpa GUI, disable share memory setting untuk video card BIOS.
  • Compact or USB Flash. FreeNAS adalah image sistem yang berjalan. Ini artinya FreeNAS tidak di sarankan diinstall di dalam hardisk karana menyebabkan kapasitas hardisk terbuang. Karena sifat FreeNAS yang akan memakai seluruh kapasitas hardisk.
  • Hardisk. Tidak direkomendasikan menggunakan hardisk SATA. Sebaiknya gunakan hardisk SAS 10.000 atau 15.000 RPM dalam format RAID 10 . Hardisk SATA didesain untuk single user sequential I/O sehingga tidak cocok bila digunakan untuk proses write multi user.
  • Network Interfaces. Secara umun NIC  card yang bisa di support oleh FreeNAS adalah NIC yang terdapat pada FreeBSD Computibility List. Meski demikian banyak user FreeBSD yang merekomendasikan NIC dari Intel dan Chelsio. Gunakan NIC GigE (10 Gbps) untuk kecepatan yang bagus. Jika perlu, bonding beberapa NIC menjadi satu agar mampu menyediakan koneksi yang lebih besar. saat ini FreeNAS belum mendukung : InfiniBand, Fiber Chanel over Ethernet atau wireless interface.  

B. Latar Belakang 

Latar belakang dalam menginstall FreeNAS ini adalah karena FreeNAS merupakan sistem operasi populer yang sudah dikemas untuk memberikan layanan network/shared storage.Selain itu konfigurasinya yang lebih mudah, mulai dari menggunakan konsole maupun web, lalu terdapat berbagai service yang beragam pula.

C. Alat dan Bahan 


- 2 Buah Flashdisk
- 1 buah PC/Laptop
- ISO FreeNAS

D. Jangka Waktu

Kurang dari 60 menit

E. Maksud dan Tujuan

 Tujuan menginstall FreeNAS ini adalah sebagai media untuk tempat penyimpanan data terpusat dalam suatu jaringan, jadi semua Server maupun Host yang lain dapat menggunakan PC yang terinstall FreeNAS ini sebagai media penyimpanan data mereka tanpa merka harus memiliki hardddisk khusus dalam Server mereka. Seperti halnya VPS ( Virtual Private Server ).

F. Tahapan

1. Pertama - tama siapkan ISO FreeNAS nya,kemudian bootablekan Freenasnya  pada CD/DVD maupun Flashdisk.Disini saya menggunakan media Flashdisk.

2. Kemudian siapkan Flashdisk yang kedua, lalu tancapkan pada Laptop/PC. Disini Flashdisk yang kedua yang berfungsi sebagai tempat dari Sistem FreeNAS. Kita akan menginstall FreeNAS nya di Flashdisk kedua ini. 

3. Jika sudah Restart PC/Laptop anda, lalu bootingkan melalui Flashdisk yang berisi bootable FreeNAS.





4. Selanjutnya muncul pilihan setup, pilih Install karena kita akan menginstall nya,lalu tekan Enter.

5. Kemudian pada pilihan media penginstallan, pilih Flashdisk (tentunya disini Flashdisk yang kedua tadi).
 

6.  Selanjutnya muncul peringatan, bahwa anda menginstall pada Flashdisk, dan diutamakan menggunakan harddrive.Untuk melanjutkan menginstall pada Flashdisk Pilih Yes, lalu Enter.
 

7. Kemudian kita disuruh untuk memasukkan username dan password untuk nanti kita login ke FreeNAS nya.




8. Lalu jika proses instalasinya selesai nanti akan muncul pemberitahuan bahwa installasinya succesfull, keluarkan/cabut media bootable(Flashdisk1) kemudian reboot.Lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini.


9.Selanjutnya kita bisa memilih opsi nomor 3 yaitu, Reboot

G. Hasil dan Kesimpulan

Disini kita menginstall FreeNAS nya menggunakan media bootable Flashdisk dan diinstall pula pada Flashdisk . Mengapa saya menggunakan Flashdisk sebagai tempat installnya dan bukannya harddisk? karena disini ketika menginstall FreeNAS, semua kapasitas Harddisk akan dipakai semua. Maka dari itu daripada kita menggunakan 2 Harddisk, yang satu sebagai sistem dan yang satu sebagai Penyimpanan Data FreeNAS nya,lebih efisisen jika kita gunakan Flashdisk sebagai tempat sistem nya saja. Jadi kita cukup gunakan 1 Harddisk saja, yaitu sebagai storage FreeNAS nya saja.

H. Referensi

Ebook Proxmox Cloud Computing Virtualisasi
Tio Chandra Hi There, I shared my expereriences here :) Hope You Like It.

0 Response to "Cara Menginstall FreeNAS pada USB Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel